Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mudah Menemukan Ide Bisnis untuk Pemula

Memiliki usaha sendiri merupakan dambaan banyak orang. Mendapatkan penghasilan tambahan adalah tujuan dari usaha sampingan tersebut.

Cara Mudah Menemukan Ide Bisnis

Beragam kendala membuat seseorang akhirnya mengubur impiannya untuk membangun bisnis. Mulai dari ide bisnis sampai pada persoalan modal usaha.

Modal usaha dan ide bisnis adalah dua problem yang saling berkesinambungan. Sudah punya modal untuk usaha, tetapi masih bimbang dengan ide bisnis yang tepat untuk jangka panjang.

Menarik memang kalau bicara tentang ide bisnis. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan dan sedang mencari ide bisnis online kreatif, bisnis rumahan, intinya ada pada ketekunan.

Namun, ketekunan saja tidak cukup. Sebelum memulai segala sesuatu, butuh niat yang bulat dan semangat, dan perjuangan.

Membangun bisnis dari nol perlu keseriusan untuk memulai usaha online kreatif. Sebab, ide bisnis bisa datang dari mana saja.

Berikut cara mudah menemukan ide bisnis yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Manfaatkan situasi 

Manfaatkan situasi tidak ubahnya dengan membaca situasi. Seorang yang ingin memulai bisnis, setidaknya punya kemampuan membaca situasi. Kamu tentu ingat, ketika harga masker melonjak lantaran pandemi Covid-19.

Di sini, yang ingin saya sampaikan adalah cara berpikir seorang pebisnis. Mereka pandai manfaatkan situasi dan melihat apa yang tengah viral. Banyak orang yang membutuhkan masker. Dan menjual masker adalah opsi yang tepat saat itu.

Contoh lainnya, di sebuah perumahan kelas menengah, kita adalah warga yang baru pindah ke daerah tersebut. Setelah kita amati, ternyata, belum ada satu pun pedagang kelontong di kompleks perumahan tersebut. Peluang ini bisa dijadikan bisnis. Raih kesempatan itu untuk membuka sebuah kedai kelontong kecil-kecilan.

2. Memantau ide bisnis lewat media sosial

Mungkin media sosial lekat dengan citra untuk ghibah. Perlu kita ketahui bersama, media sosial bisa menjadi petunjuk untuk ide bisnis yang akan kita jalankan. Dari media sosial, bisa kita temukan produk apa yang sedang dicari sekaligus digemari oleh konsumen atau masyarakat. Dari media sosial pun kita bisa menemukan rekan bisnis yang bisa kita ajak join untuk memulai usaha.

Selain media sosial, kamu juga bisa mencari ide bisnis di toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya. Dari toko-toko online itu, kamu bisa membaca produk-produk apa yang paling diminati banyak orang.

Memantau media sosial dan toko online adalah cara yang tepat untuk menemukan ide bisnis.

3. ATM (Amati, tiru, modifikasi)

Jangan pernah malu jika kita ingin berkembang saat memulai usaha. Meniru ide bisnis orang lain adalah kewajaran. Lihat baik-baik, berapa banyak orang yang menjalankan jenis bisnis yang sama? Semua itu terletak pada penghasilan, bukan? Maksud saya, meskipun jenis bisnis sama, kalau dilihat dari segi penghasilan bisa jadi berbeda. Namun, secara garis besar adalah sama-sama menghasilkan.

Dalam meniru ide bisnis memerlukan kreativitas. Tidak mentah-mentah meniru semata. Kamu perlu menambahkan fitur atau kelengkapan yang tidak ada pada ide bisnis sebelumnya. Oleh karena itu konsep amati tiru dan modifikasi berlaku dalam ide bisnis.

Contohnya, kita akan membuka bisnis kuliner. Sebelum membuka usaha itu, kita perlu melakukan survei kecil-kecilan dan melihat peluang yang ada. Dengan kata lain, bisnis kuliner yang akan dimulai ini jangan seperti pada umumnya. Buat perbedaan yang cukup menonjol.

Dalam bisnis kuliner ini, kamu menjangkau sasaran atau konsumen yang lebih spesifik. Sebab, menjangkau konsumen yang lebih spesifik akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis kita nanti.

Itu tadi tips mudah mencari ide bisnis. Semoga dengan mengetahui ide bisnis, kamu tidak setengah-setengah saat memulai usaha. Dari memulai usaha kecil dengan modal kecil, boleh jadi ke depannya kamu menjadi pebisnis unggul.

Kendati demikian, perlu diingat sebelum menjalankan sebuah bisnis, perhitungkan berbagai risiko yang mungkin dihadapi ke depannya. Sebab, bisnis juga butuh perhitungan yang matang.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mudah Menemukan Ide Bisnis untuk Pemula"

Berlangganan via Email