Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memulai Bisnis Baju Kaos Modal Kecil

Baju kaos merupakan jenis pakaian kasual yang umum dipakai oleh pria maupun wanita saat sedang bersantai.

Cara Memulai Bisnis Baju Kaos Modal Kecil

Baju kaos juga dilirik untuk dijadikan bisnis. Perkembangan bisnis baju kaos di Indonesia, hemat saya mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya produksi baju kaos setiap tahunnya dengan model terbaru.

Belum lagi kalau kita bicara tentang  brand lokal Indonesia yang seakan tidak pernah kehabisan ide untuk berkarya sekaligus mengedukasi konsumen, bahwa brand lokal tidak kalah bagus dari brand luar negeri soal baju kaos.

Di samping itu, ketatnya persaingan dalam bisnis ini menandakan betapa kreatifnya kawula muda Indonesia melirik peluang usaha yang ada. Tingginya minat konsumen untuk membeli baju kaos juga menandakan bahwa bisnis baju kaos sangat menjanjikan.

Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis atau usaha, tetapi masih bingung menentukan usaha apa yang tepat, bisnis baju kaos adalah salah satu peluang usaha yang saya rekomendasikan.

Berapa Modal Bisnis Baju Kaos?

Jawaban yang pas untuk menjawab pertanyaan itu adalah relatif, dan bergantung kamu memposisikan diri kamu sebagai apa. Maksud saya, kamu bisa memulai bisnis kaos tanpa modal dengan menjadi dropshipper. Lebih di atasnya lagi, kamu juga bisa jualan kaos dengan menjadi reseller. Bahkan kamu bisa memproduksi baju kaos sendiri, dalam hal ini kamu adalah supplier baju kaos.

Namun, pada kesempatan ini, saya hanya akan mengulas tentang usaha baju kaos dengan modal kecil saja, dan membagikan sedikit tips berdasarkan pengalaman saya, tentunya.

Lalu berapa sih sebenarnya modal bisnis baju kaos itu?

Memulai usaha baju kaos tidak memerlukan biaya yang cukup besar. Bisnis baju kaos bisa dimulai dengan modal kecil, yakni kisaran Rp 1 Juta hingga puluhan juta. Tetapi, yang ingin saya tekankan adalah memulai bisnis baju kaos dengan modal satu juta rupiah saja, sehingga kamu punya keberanian dan tak ragu dalam mencoba peluang yang satu ini.

Pasar Baju Kaos 

Mustahil agaknya jika orang-orang tidak mengenakan baju kaos hari ini. Terlebih Indonesia dikenal dengan tiga musim, salah satunya adalah iklim tropika (iklim panas). Selain itu, baju kaos bisa dikenakan oleh pria dan wanita, dan bisa dipakai pada acara santai, olahraga, bahkan kumpul komunitas.


Jadi, bagi kamu yang ingin memulai usaha baju kaos, paling tidak kamu telah mengetahui target pasar untuk baju kaos, dan membuatmu semakin percaya diri untuk memulai usaha satu ini.

Berkarya Melalui Baju Kaos

Saya jadi ingat petitih penulis buku fiksi ilmah (scient fiction) dari Amerika Serikat. Kurang lebih dia mengatakan, sebuah karya akan memicu inspirasi. Dalam berkarya tentu tidak lepas dari kejenuhan, kegagalan, bahkan keberhasilan. Namun, apa pun kondisinya teruslah berkarya.

Berkarya tidak hanya menjadi YouTuber, misalnya. Bagi saya, berkarya bisa melalui media apa saja. Bahkan berkarya melalui baju kaos. Tumpahkan ide-ide brialianmu ke media kaos. Entah di baju kaos itu adalah kalimat-kalimat puitis, baju kaos dengan tulisan motivasi, atau baju kaos kekinian dengan visual yang menarik.

Di sini, yang ingin saya katakan adalah kamu akan bangga jika ada orang yang menghargai (baca: membeli) karyamu, dan mereka senang memakai baju kaos bikinanmu. Kalau orang itu puas dengan karyamu, tidak menutup kemungkinan baju kaos buatanmu akan direkomendasikan kepada orang lain.

Tips Memulai Bisnis Baju Kaos untuk Pemula dengan Modal Kecil

Modal Awal

Seperti yang telah saya singgung di atas, modal bisnis baju kaos bisa dimulai dengan satu juta rupiah saja. Dengan biaya satu juta kamu sudah bisa memproduksi satu lusin baju kaos ditambah dengan biaya jasa sablon.

Jasa sablon di Jakarta umumnya bervariasi. Teragantung dari tingkat kerumitan sablon. Selain itu, jika kamu menggunakan jasa sablon tertentu, biasanya mereka telah punya daftar harga untuk sablon plus kaos.

Namun, saran saya sebaiknya gunakan jasa sablonnya saja untuk menghemat budget yang ada.

Modal awal juga berkaitan dengan desain. Jika kamu bisa desain akan lebih bagus, artinya kamu telah menghemat biaya desain untuk memulai bisnis baju kaos sablonan.

Belanja Kaos Polos di Toko Grosir

Berikutnya, luang waktumu untuk survei harga kaos polos murah. Survei sebaiknya dilakukan secara langsung. Saya tidak melarang kamu untuk belanja kaos online. Boleh belanja kaos polos secara online, dengan catatan toko kaos polos online itu sudah dikenal dan memang memproduksi kaos polos sablonan.

Belanja kaos polos di grosiran akan lebih menghemat budgetmu. Rata-rata untuk kaos polosan cotton combed 30s harganya berkisar Rp28.000 hingga Rp30.000 per kaos untuk lengan pendek. Untuk kaos polos lengan panjang, biasanya akan dikenakan sedikit biaya tambahan.

Cek Harga Jasa Sablon Manual

Kenapa sablon manual? Ada beberapa kelebihan sablon manual yang harus kamu tahu, di antaranya:
  • Harga ramah di kantong
  • Ketahanan sablon manual lebih terjamin
  • Hasil sablon manual lebih baik
  • Keselarasan warna mencapai 80-90 persen
  • Dan sablon manual lebih bervariasi
Setiap pengusaha sablon mempunyai daftar harga yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu melakukan cek harga jasa sablon manual. Sekiranya, kalkulasimu cocok dengan modal yang ada, dan kamu sudah menjalin kesepakatan, kamu tinggal menunggu pesananmu selesai sesuai waktu yang telah disepakati bersama.

Perlu kamu ketahui, setiap jasa sablon manual punya harga yang berbeda. Dalam hal ini adalah jumlah warna yang ada pada desain yang kamu buat. Semakin sedikit warna yang digunakan, maka biaya akan lebih murah, dan jika banyak warna, maka cost akan ikut bertambah.

Packaging

Tentu kamu tidak ingin sembarang dalam hal ini kan? Tidak mungkin kamu menjual barang tanpa packaging, apalagi yang kamu jual adalah baju kaos baru. Oleh karena itu, upayakan packaging kamu semenarik mungkin.

Kalau kamu orang yang kreatif, kamu tentu akan mencari cari menekan untuk menekan biaya produksi dari sisa budget yang ada. Kamu bisa mengemas produk kaosmu dengan totebag, misalnya. Kamu bisa mencari referensi di internet untuk packaging kaos murah terbaik.

Cara Menjual Baju Kaos

Kecanggihan teknologi sangat membantu dunia bisnis. Saat ini, menjual produk bisa dilakukan secara digital, baik itu menjual barang di media sosial seperti Instagram, Facebook, bahkan e-commerce yang ada.

Sebelum jauh melangkah ke sana, ada baiknya kamu coba menawarkan produkmu kepada teman-teman terdekat. Karena dari situ, kamu akan bisa menjangkau pasar yang lebih luas ke depannya. Apalagi, jika teman-temanmu puas dengan hasil baju kaos buatanmu. Tidak menutup kemungkinan, jika kamu mengeluarkan desain kaos terbaru, mereka akan membeli lagi, dan lagi.

Penutup

Itu tadi cara memulai bisnis baju kaos modal kecil yang bisa saya bagi kepada teman-teman. Jika ada yang kurang dalam penulisan atau pun penyampaian, harap dimaklumi. Teruslah berkarya dan berusaha, jangan takut gagal dalam berbisnis. Bukankah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda?

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Baju Kaos Modal Kecil"

Berlangganan via Email